Dampak Negatif Ketuban Pecah Dini Pada Ibu Hamil dan Bayi

Salah satu masalah yang dapat terjadi pada wanita hamil adalah ketuban pecah dini atau air ketuban keluar sebelum waktunya. Normalnya ketuban akan pecah menjelang waktu persalinan yaitu saat usia kandungan mencapai 37 minggu. Dengan pecahnya ketuban lebih awal maka terpaksa bayi harus dilahirkan sebelum waktunya.

Air ketuban merupakan cairan yang melindungi bayi saat dalam kandungan dan sebagai pelumas saat proses persalinan, sehingga jika terjadi pecahnya ketuban sebelum waktunya maka bayi harus segera dilahirkan untuk mencegah resiko kematian.

Banyak hal yang menyebabkan pecahnya ketuban sebelum waktunya diantaranya adalah terjadinya infeksi pada rahim, kantung ketuban terlalu melar, stress, kebiasaan merokok selama hamil, terjatuh, terjadi pendarahan selama kehamilan, naiknya tekanan darah, dan massa tubuh ibu hamil relative rendah.

Dampak Negatif Ketuban Pecah Dini Pada Ibu Hamil dan Bayi.png
Pecahnya ketuban dini juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada bayi dan ibu, diantaranya adalah:

  • Bayi terpaksa dilahirkan sebelum waktunya atau bayi lahir premature
    Meningkatkan resiko terjadinya plasenta tertinggal dalam rahim
    Aiar ketuban akan semakin sedikit sehingga dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada janin bahkan dapat menyebabkan kematian pada bayi
    Plasenta terlepas sebelum proses persalinan berlangsung
    Meningkatkan resiko terlepasnya tali pusat pada bayi
    Tali pusat bayi dapat terjepit sehingga dapat menyebabkan bayi mengalami cedera otak hingga kematian
    Menyebabkan terjadinya infeksi pada rahim sehingga akan menimbulkan keputihan yang berlebihan, nyeri perut, vagina berbau, suhu tubuh mengalami kenaikan yang cukup drastic, dan denyut nadi semakin cepat
    Jika pecahnya ketuban sebelum usia kehamilan 23 minggu maka dapat berisiko pada paru-paru bayi yang tidak dapat berkembang dengan baik sehingga bayi akan mengalami masalah pada paru-parunya.

Ketuban pecah ini merupakan hal yang perlu diwaspadai karena hal ini memberikan dampak negative bagi kesehatan bayi dan ibu. Untuk mencegah terjadinya pecah ketuban sebelum waktunya maka ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi selama kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu kehamilan seperti lactamil yang kaya akan vitamin, mineral, dan zat lainnya yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan. Dapatkan lactamil di supermarket terdekat dengan harga terjangkau.

Sumber Article : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/ini-3-cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s